Nutrisi Susu Ibu Hamil yang Dianjurkan Agar Janin & Ibu Sehat

Food & Health – Ibu hamil sangat perlu untuk memperhatikan asupan gizi dan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsinya agar bayi yang dikandungnya menjadi sehat. Termasuk yang tidak boleh dilewatkan adalah susu ibu hamil.

Diantara nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil yaitu vitamin D, kalsium, asam folat dan iodium. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari susu ibu hamil biasa dijual di pasaran.

Susu ibu hamil yang beredar dipasaran itu tetap perlu Anda seleksi, selain kandungan apa saja yang ada dalam susu, Anda juga perlu memperhatikan apakah susu sudah melewati proses pasteurisasi. Informasi tersebut biasanya tertera dikemasannya.

Susu Ibu Hamil yang Dianjurkan

Susu ibu hamil

Sebelum memilih susu yang dapat mencukupi kebubutuhan nutrisi ibu hamil, pastikan juga bahwa susu yang akan Anda pilih adalah susu yang telah melalui proses pasteurisasi.

Anda dapat melihatnya di kemasan susu dengan tulisan “telah dipasteurisasi”. Susu yang belum melalui pasteurisasi seperti susu mentah yang langsung dari sapi rentan mengandung mikroorganisme yang berbahaya.

Proses pasteurisasi ini dimaksudkan untuk membunuh bakteri jahat yaitu dengan memanaskannya dalam suhu yang tinggi namun tidak sampai merusak kandungan nutrisi dalam susu itu sendiri.

Ibu hamil bisa beresiko tinggi jika mengkonsumsi susu yang terkontaminasi bakteri jahat seperti Listeria, yaitu bakteri yang dapat menyebabkan kematian pada janin, keguguran atau kematian pada saat bayi baru lahir.

Oleh sebab itu, sempatkanlah selalu diri Anda untuk membaca dengan teliti kandungan nutrisi yang terdapat pada susu yang akan Anda pilih.

Dan berikut adalah susu ibu hamil yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya:

Mengandung Kalsium

Kebutuhan kalsium untuk wanita usia 18+ adalah 1.000 mg/ hari. Kalsium tersebut tetap dibutuhkan baik sebelum hamil, saat hamil atau sesudah melahirkan.

Dan untuk wanita dengan usia 18 tahun kebawah membutuhkan kalsium yang lebih banyak lagi, yaitu 1.300 mg/ hari. Kalsium tersebut umumnya dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan menguatkan tulang untuk ibu hamil. Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kalsium jug bermanfaat untuk janin.

Berikut adalah manfaat kalsium untuk janin:

  • Membangun ritme jantung yang normal
  • Membantu jantung untuk tumbuh dengan sehat
  • Membantu kemampuan pembekuan darah
  • Membantu pertumbuhan otot dan saraf yang sehat
  • Membentuk gigi dan tulang yang kuat

Susu ibu hamil biasanya mengandung kalsium. Segelas susu skim mampu menyumbang 301 mg kalsium. Kalsium juga bisa Anda dapatkan melalui sumber-sumber yang lain seperti ikan sarden, bayam, yoghurt dan keju.

Mengandung Asam Folat

Asam folat sangat berguna unuk ibu hamil dalam pembentukan darah dan protein serta memaksimalkan kinerja enzim. Asam folat juga berguna untuk melindungi janin dari cacat sistem syaraf.

Asam folat ini sangat dibutuhkan ibu hamil terutama pada trimeseter pertama dari kehamilan. Karena pada masa inilah otak dan sistem syaraf janin mulai terbentuk dan berkembang dengan pesat.

Asupan asam folat untuk ibu hamil yang baik adalah 400 mg per hari. Asam folat ini tidak harus melalui susu, namun bisa juga didapat melalui kacang-kacangan, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, buah-buahan berwarna hijau atau kuning seperti pepaya, jeruk dan alpukat.

Mengandung Vitamin D

Vitamin D berfungsi dalam mengatur kadar kalsium & fosfat pada tubuh. Oleh sebab itu, apabila kekurangan dengan kedua zat ini dapat mengakibatkan janin mengalami kekurangan kalsium dan fosfat.

Fungsi lain dari vitamin D adalah untuk melawan infeksi, mencegah diabetes serta berbagai jenis kanker. Sebagai pencegahan defisiensi kalsium secara alami, Vitamin D juga dapat diproduksi tubuh melalui paparan sinar matahari. Anda dapat melakukannya dengan berjemur di pagi hari antara 10-20 menit.

Vitamin D yang dibutuhkan Ibu hamil adalah antara 5-15 mg per hari atau 200-600 IU (standar internasional). Dengan secangkir susu yang diperkaya vitamin D, setidaknya Anda bisa memperoleh 100 IU vitamin D.

Mengandung Iodium

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menganjurkan untuk tetap mengutamakan konsumsi iodium, terutama pada ibu hamil.

Kebutuhan iodium untuk orang dewasa adalah 150 mg per hari. Sedangkan untuk ibu hamil adalah 250 mikrogram per hari. Apabila ibu hamil kekurangan iodium, dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan otak janin.  Sebagai dampaknya, kecerdasan anak akan berkurang nantinya.

2 pemikiran pada “Nutrisi Susu Ibu Hamil yang Dianjurkan Agar Janin & Ibu Sehat

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: