Tata Ruang Dapur Minimalis Ini Bisa Kamu Terapkan Untuk Rumahmu yang Sempit

Jika ruang tamu diibaratkan wajah dalam sebuah rumah, maka dapur adalah hatinya. Keadaan dapur dalam sebuah rumah menunjukkan bagaimana keadaan hati dari orang yang menempatinya. Meskipun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan, tetap saja kita perlu dalam memperhatikan tata ruang dapur kita.

Memiliki rumah dan ruangan yang minimalis bukanlah sebuah masalah untuk menciptakan dapur yang bersih, rapi, dan nyaman. Dengan mendesain ruang interior minimalis sebaik mungkin, ruang yang tidak terlalu luas pun bisa diatur menjadi terlihat lebih luas, rapi, nyaman, dan menarik.

Untuk memiliki dapur yang menarik tidak harus dengan fasilitas dan furniture yang lengkap, karena konsep dasar tata ruang dapur pada umumnya juga digunakan dalam mendesain tata ruang dapur minimalis. Sebenarnya untuk membuat dapur yang sempit menjadi terlihat lebih luas hanyalah dibutuhkan sebuah ilusi dan rekayasa.

Ilusi dan rekayasa ini dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan antara peralatan yang ada dan ukuran ruangan. Penempatan alat dan perabotan pada posisi yang sesuai akan memberikan ilusi dan kesan ruangan terlihat lebih luas dan nyaman.

Berikut adalah beberapa contoh menarik untuk tata ruang dapur minimalis:

Tata Ruang Dapur Minimalis

Tata ruang dapur minimalis via www.youtube.com

Tata ruang dapur minimalis via www.youtube.com

Meskipun dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu luas, dapur ini terlihat begitu rapi dan menarik. Tidak menggunakan perabotan yang terlalu banyak sehingga memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas. Penyesuaian warna dasar antara lantai, lemari, dan dinding ruangan yang sangat serasi menjadikan dapur ini terlihat begitu menarik.

Tata ruang dapur minimalis via gambardesainproperti.com

Tata ruang dapur minimalis via gambardesainproperti.com

Dapur yang sangat mungil ini tampil begitu menarik. Penempatan peralatan yang sangat simpel berhasil menyulap dapur ini terlihat lebih leluasa. Warna dasar ruangan yang putih dipadu dengan warna-warni dari lemari dapat menghilangkan kebosanan saat memasak.

Tata ruang dapur minimalis via uvilikesads.blogspot.com

Tata ruang dapur minimalis via uvilikesads.blogspot.com

Dapur yang ini juga tak kalah dengan yang diatas, meskipun dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu luas tapi tetap mampu menapilkan kecantikannya. Penempatan peralatan dan perabotan dalam satu sisi mampu merekayasanya terlihat luas dan leluasa. Warna dasar ruangan dinding dan lemari juga sangat serasi semakin menambah keindahannya.

Tata ruang dapur minimalis via www.rumahtrendy.com

Tata ruang dapur minimalis via www.rumahtrendy.com

Dapur dengan ukuran minimalis ini tampil dengan kesan yang begitu mewah, warna dasar ruangan yang tidak terlalu mencolok membuatnya begitu elegan. Namun peralatan dan perabotan yang digunakan adalah barang-barang yang agak mahal.

Tata Ruang Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

Desain dapur dan ruang makan jadi satu via sarwww.desaindenahrumah.com

Desain dapur dan ruang makan jadi satu via sarwww.desaindenahrumah.com

Desain interior dapur dan ruang makan menjadi satu bisa dijadikan sebagai alternatif dalam menghemat ruangan. Selain itu juga lebih hemat tenaga karena jarak antara meja makan, dapur, dan tempat cuci piring saling bersebelahan.

Sebagaimana gambar diatas, dapur dan ruang makan didesain menjadi satu terlihat begitu menarik dan cantik. Penempatan barangnya begitu tepat dan pas, sehingga ruangan yang tidak terlalu luas bisa terlihat lebih leluasa. Penyesuaian warna dan hiasannya yang serasi menjadikan ruangan ini tampil begitu cantik.

Desain dapur dan ruang makan jadi satu via tiperumah.com

Desain dapur dan ruang makan jadi satu via tiperumah.com

Desain interior diatas terlihat begitu bersih dan rapi, konsep dinding dari kaca bening menampilkan sebuah kesan natural nan sejuk, fasilitas yang lengkap dan aksesoris yang tertata begitu rapi semakin menambah akan kecantikan desain interior ini. Ditambah lagi dengan kesesuaian ruang dan warna dasar yang cerah menjadikan ruangan ini tampil begitu cantik dan menarik.

Desain dapur dan ruang makan jadi satu via designrumahminimalis.info

Desain dapur dan ruang makan jadi satu via designrumahminimalis.info

Desain interior yang satu ini begitu simpel namun sangat rapi. Ruangan yang tidak terlalu luas ini mampu dimanfaatkan dengan baik dalam penataannya sehingga tidak berkesan terlalu luas atau sempit. Kombinasi warna ruangan dan lemarinya terlihat serasi dan saling mengisi mampu menhilangkan rasa bosan dan menjadikannya semakin tampil cantik dan menarik.

Tips-tips untuk Tata Ruang Dapur Minimalis

a. Untuk menciptakan ilusi dan rekayasa agar ruangan terlihat luas, warnailah dinding dengan cat warna putih, warna dinding dan ruangan yang sesuai dengan warna piring akan memberikan kesan ruangan terlihat lebih luas.

b. Sesuaikan peralatan dapur dengan ukuran ruangan, gunakanlah perabotan yang benar-benar berfungsi dan dipakai untuk keperluan memasak, dengan begitu ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman.

c. Buatlah pencahayaan yang seimbang, lebih baik lagi ada akses masuk sinar matahari secara langsung di siang hari sebagai pencahayaan alami.

d. Gunakan fasilitas seperti furniture multifungsi sebagai tempat perabot dan tempat menyimpan bumbu atau bahan dasar memasak.

e. Manfaatkan area sekitar wastafel sebagai tempat meniriskan peralatan yang baru dicuci sebagai ganti rak, hal ini juga berfmanfaat membuat dapur lebih steril karena sisa air langsung jatuh ke tempat saluran pembuangan.

f. Gunakan lemari di kolong wastafel sebagai tempat penempatan tempat sampah, alat-alat kebersihan, dan produk-produk pembersih.

No Responses

Add Comment