9 Konsep Teras Rumah Minimalis Cantik dan Unik

Berbicara mengenai desain berkonsep minimalis memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari desain rumah minimalis hingga teras rumah minimalis. Terkadang desain teras rumah luput dari perhatian sang pemilik rumah.

Padahal teras merupakan salah satu area yang harus ada. Salah satu alasan di-skip-nya desain teras dalam list desain biasanya dipengaruhi oleh sedikitnya ketersediaan lahan yang tersisa untuk dijadikan teras rumah. Yang perlu diketahui, teras rumah menjadi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keindahan rumah.

Sebab dapat dikatakan bahwa, ‘teras merupakan wajah dari sebuah rumah’. Sehingga, first impression orang lain ketika pertama kali melihat rumah kita tak lain adalah bagian teras rumah anda. Saat ini, banyak pemilik rumah minimalis sederhana yang membuat teras menjadi bagian dari rumah yang multifungsi.

9 Konsep Teras Rumah Minimalis Inspirasi Untuk Anda

Tentunya sebagai pemilik rumah, anda pernah merasakan ketika ada tamu yang berkunjung dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu di teras. Hal ini tentu menuntut anda sebagai pemilik rumah untuk membuat model teras yang nyaman dan bagus, bukan? Terlebih ketika rumah anda berkonsep minimalis, yang mana ketersediaan lahan untuk teras tidak terlalu besar.

Tentu saja dibutuhkan kreativitas untuk menyulap teras rumah yang kecil menjadi teras rumah yang nyaman bagi siapapun, baik si pemilik maupun tamu yang berkunjung. Di bawah ini terdapat beberapa model teras rumah minimalis yang dapat anda jadikan referensi.

1. Gunakan tenda membrane sebagai atap teras rumah minimalis

teras rumah dengan atap tenda membrane

Teras yang baik adalah teras yang sejuk di kala panas dan aman tatkala hujan. Bagaimana solusinya? Gunakan tenda membrane sebagai pengganti atap teras rumah anda. Terlebih bagi rumah minimalis. Penggunaan tenda membrane sangat membantu memberi kesan luas pada area teras anda.

Penggunaan tenda membran memberi ilusi luas dan sejuk. Ketika hujan, Anda tak perlu khawatir teras anda basah. tenda membran merupakan salah satu opsi model teras simple bagi teras minimalis anda.

2. Awning untuk tampilan atap teras rumah minimalis, unik nan cantik

teras rumah dengan atap awning
teralisbesijendelaklasikminimalis.blogspot.com

Penggunaan awning pada hunian minalis memang belum begitu populer. Namun tak ada salahnya berinovasi bukan? Pilihlah awnimg dengan desain super simple dan dengan warna yang senada dengan dinding terasmu. Hindari awning dengan motif yang berlebihan atau dengan warna ‘ngejreng’.

Fungsi awning tak jauh berbed dari canopy. Yang membedakan hanyalah material dan modelnya. Jika canopy umumnya bermaterial carbon, polyester dan metal. Lain halnya dengan awning yang materialnya berupa kain khusus yang tahan terhadap air.

3. Teras rumah minimalis sebagai ruang bersantai

teras rumah minimalis sebagai ruang santai

Untuk membuat teras yang nyaman dan bagus tidak harus menambahkan furniture yang mewah. Anda dapat menciptakan sebuah ruang tamu kedua yang menyenangkan bagi siapapun. Agar teras tidak terlihat monoton, maka anda dapat memberikan beberapa sentujan hiasan ataupun pot tanaman di samping atau sudut teras.

Jika anda menginginkan kesan segar dan asri, maka anda bisa membuat taman rumah minimalis tepat di depan teras. Dijamin, tidak hanya tamu yang senang berkunjung, namun juga anda sang pemilik rumah yang sekaligus dapat menyegarkan mata cukup dengan duduk-duduk santai di teras.

4. Tiang teras rumah yang sesuai dengan konsep minimalis

desain tiang teras rumah minimalis

Desain tiang persegi identik dengan kesederhanaan. Namun dari kesederhanaan itulah anda dapat dengan mudah mendapatkan kesan simple dan minimalis pada teras rumah minimalis anda. Pilih desain tiang persegi, kemudian mulai mainkan kreativitas anda dengan mengaplikasikan lempengan batu alam, atau bahkan desain bata ekspos yang terlihat natural. Ini membuat tampilan teras minimalis anda menjadi lebih cantik.

5. Gunakan batu alam teras rumah minimalis untuk mempercantik

batu alam teras rumah minimalis

Senada dengan poin 4 di atas, pemilihan material seperti batu alam memang patut diaplikasikan pada desain teras anda. Selain tidak memerlukan budget besar, penggunaan batu alam sebagai elemen teras anda skan memberi kesan natural namun tetap cantik. Nah batu alam ini, bisa diaplikasikan di dinding, pelataran atau bahkan sebagai hiasan are taman minimalis anda.

6. Gunakan warna cat rumah yang netral

warna cat rumah netral untuk teras rumah

Seperti kebanyakan desain rumah minimalis, pemilihan warna-warna netral menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Penggunaan warna cat rumah seperti abu-abu, hitam, krem, putih memang masih menjadi primadona. Usahakan anda memilih warna-warna netral untuk membedakan area dalam dan luar rumah anda agar tak terkesan membosankan.

7. Lengkapi dengan taman teras rumah yang menyejukkan

warna cat rumah netral untuk teras rumah

Teras rumah terasa kaku jika tak ada nuansa hijau yang menyegarkan. Pilih tanaman hijau berukuran sedang yang diletakkan dalam pot yang cantik maupun menyatu dengan tanah depan terasmu. Selain memberi kesan natural, pemilihan tanaman hijau juga memberi nuansa sejuk dan nyaman.

8. Teras rumah minimalis semi panggung

teras rumah minimalis semi panggung

Model teras semi panggung menggunkan beberapa anak tangga tepat di depan pintu dengan tambahan furniture seperti meja dan kirsi di sisi lainnya. Penggunaan anak tangga memberi ilusi tinggi pada area teras. Pada bangunan minimalis dan sederhana, desain panggung ini dapat diterapkan untuk member sentuhan modern pada hunian minimalos anda.

Desain ini memiliki keuntungan, yaitu meminimalisasi genangan ketika hujan, jadi lantai tetap kering.

9. Teras rumah minimalis tampak depan dengan pencahayaan yang cukup

teras rumah minimalis tampak depan

Teras rumah minimalis umumnya tak mendapat pencahayaan yang cukup. Penyebabnya macam-macam, karena tertutupi balkon lantai atas, teras yang terhalang tembok pagar dan sebagainya. Nah, karena itu anda harus pandai menyiasati hal-hal ini.

Sebab pencahayaan yang kurang memberi suasana lembab berlebih pada teras anda. Akibatnya lumut tumbuh subur dan tanaman tak berkembang secara baik dan maksimal. Untuk itulah pencahayaan yang baik dapat memberi kesan tidak suram.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: