Ukuran Kartu Nama dan Id Card yang Sesuai Standar

Ukuran Kartu Nama – Dalam perusahaan tentunya tidak asing lagi dengan kartu nama. Kartu nama merupakan kebutuhan yang penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan identitas pribadi maupun identitas mengenai bisnisnya. Untuk membuat suatu kartu nama, kita harus mengerti terlebih dahulu ukuran kartu yang sesuai dengan standar kartu nama pada umumnya. Pada umumnya kartu nama memiliki ukuran standar yaitu panjang 90 mm dan tinggi 55 mm.

Mengenai ukuran sebuah kartu nama banyak standar yang meski diperhatikan karena beda negara terkadang ukuran standar sebuah kartu nama juga berbeda. Antar Indonesia dan negara Eropa memiliki standar sebuah ukuran kartu nama. Namun standar ISO juga banyak yang berpendapat bahwa ukuran id card yang ideal adalah A8.

Macam-macam Ukuran Kartu Nama

Berikut saya kasih tahu sedikit mengenai standar ukuran sebuah kartu nama yang saya tahu.

  • Kartu nama standar Asia Hongkong, China, Singapore, Malaysia, mempunyai ukuran 90 mm x 54 mm.
  • Kartu nama standar di negara-negara Eropa 85 mm x 55 mm.
  • Kartu nama standar Australia, Indonesia, Denmark, New Zealand, Norway, Taiwan, Sweden, Vietnam, India, Colombia, mempunyai ukuran 90 mm × 55 mm.
  • Kartu nama Standar Jepang mempunyai ukuran 91 mm x 55 mm.
  • Amerika, Kanada, Belanda: 89 x 51 mm.
  • Hungaria, Republik Ceko: 90 x 50 mm.
  • Inggris, Feance, Italia, Spanyol: 85 x 55 mm.

Namun standar untuk ukuran kartu di Indonesia biasanya menggunakan ukuran 90 x 55 mm. Sedangkan versi percetakan ada yang beranggapan (Percetakan Indonesia: 88 x 53 mm dan 90 x 55 mm). Namun kita sendirilah yang akan menentukan baik versi percetakan atau sesuai Standar Nasional Indonesia SNI.

Kartu Nama Potrait Dan Lanscape

Macam kartu nama ada 2 yaitu landscape dan potrait. Format kartu nama bisa potrait dengan ukuran panjang 5,5 cm dan tinggi 9 cm. untuk yang berkenan kartu nama dengan posisi landscape maka ukuran panjangnya 9 cm degan tinggi 5,5 cm.

Ukuran Standar Milimeter di Indonesia Pada Kartu Nama di Indonesia adalah sebesar 90 mm x 55 mm. Tergantung pemakaian, biasanya digunakan dalam konversi centimeter.

Ukuran Id Card Standar ISO dan Indonesia

Di dalam ISO (International Organization For Standards) telah diatur ukuran untuk sebuah kartu nama/id card yaitu 9 cm x 5,2 cm. Sebenarnya ISO telah mengatur standar ukuran untuk kartu nama, tetapi penerapannya di Indonesia menjadi berbeda. Hal ini karenkan berbagai macam keperluan maka ukuran kartu dibuat berbeda – beda sesuai dengan keperluannya tersebut, seperti pada kartu tanda pengenal (KTP), SIM, ATM umumya mempunyai ukuran yang sama.

Umumnya di Indonesia menggunkan ukuran 9cm x 5,5cm. Untuk perbedaan antara ukuran yang sesuai Standar ISO dan ukuran di Indonesia terletak pada lebarnya kalau pada ISO 5,2. Tetapi kalau di Indonesia lebih besar 0,3 cm yaitu 5,5. Untuk persamaannya, keduanya sama – sama mempunyai panjang 9 cm.

Ukuran di Photoshop

Pembuatan desain kartu nama pada Photoshop juga harus memperhatikan ukurannya juga. Misalnya penggunaan format ukuran apakah yang akan anda pakai. Pada umumnya Photoshop menggunakan ukuran pixels yang harus dikonversi terlebih dahulu. Kalau anda ingin mempermudah maka anda bisa menggunakan format Centimeter atau Milimeter. Dengan ukuran seperti di bawah ini:

  • Width isi dengan 9 cm.
  • Height isi dengan 5.5 cm.
  • Resolution isi dengan 2000 pixl/inch, mengganakan resolusi 2000 supaya jika kartu nama di printout hasilnya tidak pecah atau buram.
  • Color mode CMYK Color karena kartu nama ini akan diprintout, sebaiknya gunakan mode warna CMYK, karena mesin printer menggunakan mode CMYK. Tetapi jika sobat mau menggunakan color mode RGB juga tidak apa-apa, hanya saja warna kartu nama di display computer tidak sama dengan warna kartu nama hasil printout.

Tetapi jika anda ingin tetap menggunakan ukuran pixels maka ukurannya akan menjadi seperti ini:

  • Width isi dengan 1063 pixels.
  • Height isi dengan 650 pixels.
  • Resolution isi dengan 300 pixl/inch.

Ukuran di Corel ID.

Sesuai dengan ukuran standar yang dipakai yaitu 9 x 5,5 cm maka dalam corel ini juga memakai ukuran yang sama.

  • Width menggunakan 9 cm.
  • Height menggunakan 5.5 cm.

Kartu Nama Mini

Sesuai namanya kartu nama ini berukuran mini yaitu 4 x 8 cm, biasanya berukuran potrait dan digunakan untuk kartu nama sebuah perusahaan. Entah itu perusahaan jasa penyewaan baju, persewaan kamera dan koperasi.

Loading...

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: