farmers insurance progressive insurance car insurance health insurance nationwide insurance erie insurance travelers insurance american family insurance state farm insurance progressive car insurance dental insurance renters insurance insurance aaa insurance auto insurance mercury insurance geico insurance life insurance progressive auto insurance travel insurance car insurance quotes allstate insurance pet insurance homeowners insurance auto insurance quotes insurance quotes usaa insurance progressive insurance login cheap car insurance safeco insurance the general insurance general insurance nationwide pet insurance national general insurance farm bureau insurance infinity insurance usaa car insurance health insurance marketplace liberty mutual insurance foremost insurance insurance companies geico car insurance allianz travel insurance delta dental insurance hartford insurance auto owners insurance amica insurance usaa auto insurance cobra insurance cheap auto insurance

Ukuran Kertas A3 dalam MM, CM dan Berbagai Fungsinya

Ukuran Kertas A3 – Kertas memiliki berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja kertas ukuran F4. Dewasa ini, kertas sangat dibutuhkan dalam semua lini, mulai pendidikan, teknologi, riset, pangan, dan sebagainya.

Produk berbahan baku kayu ini pun semakin banyak mengalami perubahan dari segi ukuran, bahan tambahan serta kelengkapannya. Lalu, berapa ukuran kertas A3 dan apa saja fungsinya dalam penerapan sehari-hari? Berikut ulasannya.

1. Ukuran Kertas A3 dalam MM dan CM

Berdasarkan pengukuran berstandar ukuran kertas atau ISO 216 maka ada beberapa jenis kertas yang didasarkan pada aturan dari Jerman. Yaitu seri A dari DIN 476. Seri A adalah tanda untuk kertas yang sering digunakan untuk kegiatan perkantoran.

Kertas A3 sendiri adalah produk dengan ukuran pertengahan. Jadi, pengukuran kertas A ini adalah nomor yang sesudahnya lebih kecil setengah dibanding nomor sebelumnya.

Sebagai contoh, kertas A0 besarnya 2 kali lipat dari kertas A1. Lalu kertas A1 besarnya 2 kali lipat dari kertas A2. Seterusnya sampai kertas A3, A4, dan A5. Jika dihitung dengan mistar atau alat ukur lainnya, maka ukuran kertas A3 pada satuan mm yaitu 297 x 420 milimeter.

Sedangkan jika dikonversikan ke centimete berarti panjang dan lebarnya masing-masing dibagi 10 sehingga menghasilkan ukuran 29,7 x 42,0 cm. Lain lagi apabila mistar yang digunakan memakai satuan inchi maka jika diukur kertas ini memiliki panjang 11,69 inchi dan lebar 16,54 inci.

Ukuran kertas sendiri sangat bervariasi dan memiliki pakem yang berbeda-beda. Misalnya ukuran seri A di atas adalah standar dari Jerman. Lalu, ada juga ukuran kertas dari standar Amerika Utara yaitu legal, letter, A4, dan tabloid.

Sesuai dengan namanya, kertas ini memiliki fungsi yang sesuai ukuran. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman maka penggunaannya pun semakin variatif.

3. Fungsi Ukuran Kertas A3

Pada kehidupan sehari-hari, kertas A3 memang tidak sefamiliar kertas A4 yang kerap digunakan untuk keperluan sekolah. Namun pada dunia pendidikan kertas berukuran A3 juga dipakai ketika pelajaran seni rupa.

Buku gambar dengan ukuran kertas A3 sering dipakai ketika siswa menginjak pendidikan menengah. Bahkan saat ini ada juga anak-anak SD yang berkreasi dengan buku gambar A3.

Selain di bidang pendidikan, ada juga beberapa toko online yang menggunakan kertas A3 untuk mencetak stiker atau label harga. Karena stiker yang ditata berukuran kecil maka hasilnya akan lebih menguntungkan ketika di cetak pada kertas ukuran A3. Jenis stiker yang kerapa dicetak dalam ukuran A3 adalah bontax.

Pada dunia bisnis baik online maupun home industry, ada juga fungsi lain dari penggunaan kertas berukuran A3 yaitu untuk kartu nama, brosur, serta tag ucapan terima kasih.

Jadi, para pengusaha bisa memanfaatkan ukuran A3 yang besar ini untuk mencetak di art paper sehingga harganya pun lebih hemat. Peluang ini sangat cocok dimanfaatkan para pengusaha muda yang baru memulai start up bisnis.

4. Ukuran Kertas A3 Bisa Dipotong Lagi

Saat ini, ada banyak bisnis yang berhubungan dengan percetakan kertas. Salah satunya adalah untuk puzzle, foto polaroid, undangan, dan sebagainya. Aneka jenis kertas dengan ukuran A3 akan bisa dipotong lagi untuk berbagai keperluan.

Misalnya jika stiker bontax berukuran A3 dicetak maka bisa dipotong lagi menjadi lebih kecil tetapi biaya cetaknya akan terjangkau. Sebagai mainan edukatif, puzzle dari art paper atau duplex berukuran A3 juga akan dapat dibongkar pasang dengan lebih mudah.

Karena jika terlalu besar akan sulit untuk ditata anak-anak. Sedangkan jika terlalu kecil juga sangat rumit serta mudah hilang bagian demi bagiannya.

5. Bisnis Percetakan dan Kertas Ukuran A3

Bagi pemilik bisnis percetakan, kertas berukuran A3 dari jenis apapun sangat penting karena berkaitan dengan kebutuhan para pelanggan. Setiap harinya, tempat digital printing akan menerima orderan untuk mencetak di kertas berukuran A3.

Untuk dapat memaksimalkan pelayanan, tentu dibutuhkan stok kertas A3 dalam jumlah besar. Itulah yang menyebabkan bisnis percetakan membutuhkan banyak bahan kertas berukuran A3.

Jadi, jika Anda ingin mulai membuka usaha digital printing maka jangan lupa untuk menyiapkan kertas berukuran A3 yang sangat cocok dimanfaatkan sebagai media.

Bukan hanya sangat bermanfaat, namun popularitas dari kertas yang ukurannya sedang ini juga tinggi. Jadi, banyak orang yang lebih prefer untuk mencetak di kertas A3 dibanding kertas ukuran lainnya.

Kertas foto berukuran A3 juga sangat cocok digunakan sebagai bahan pajangan di pigura. Karena ukurannya yang besar tetapi tidak over. Maka apabila foto keluarga dicetak dengan ukuran tersebut maka akan mudah terlihat terutama apabila dipasang di ruang keluarga.

Itulah berbagai serba-serbi tentang ukuran kertas A3 dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tentu Anda pun harus tahu banyak tentang informasi ini.

Category:
Literatur