farmers insurance progressive insurance car insurance health insurance nationwide insurance erie insurance travelers insurance american family insurance state farm insurance progressive car insurance dental insurance renters insurance insurance aaa insurance auto insurance mercury insurance geico insurance life insurance progressive auto insurance travel insurance car insurance quotes allstate insurance pet insurance homeowners insurance auto insurance quotes insurance quotes usaa insurance progressive insurance login cheap car insurance safeco insurance the general insurance general insurance nationwide pet insurance national general insurance farm bureau insurance infinity insurance usaa car insurance health insurance marketplace liberty mutual insurance foremost insurance insurance companies geico car insurance allianz travel insurance delta dental insurance hartford insurance auto owners insurance amica insurance usaa auto insurance cobra insurance cheap auto insurance

Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM, Inci dan Berbagai Dimensi

Ukuran Kertas A4 – Kertas A4 adalah salah satu kertas dengan ukuran terstandar dari International Organization for Standarization (ISO). Kertas Seri A dimulai dari ukuran A0 yang paling besar, disusul A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, dan A10 paling kecil.

Setiap ukuran dari kertas berseri A ini mempunyai fungsi masing-masing. Di pasaran, ukuran kertas A4 harus sama antara produk satu dengan lainnya karena berhubungan dengan pencetakan pada printer maupun tempat fotocopy.

1. Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM dan Inci

Ukuran panjang dan lebar seringkali diistilahkan dengan dimensi. Dalam satuan milimeter, dimensi kertas A4 adalah 210 x 297. Apabila diukur dengan menggunakan penggaris maka kertas A4 akan menunjukkan ukuran dalam satuan cm, yaitu 21 x 29,7. Lain lagi jika diukur menggunakan bagian belakang penggaris yang satuannya memakai inchi maka kertas A4 akan menunjukkan ukuran 8,27 x 11,69.

2. Sejarah Ukuran Kertas A4

Kertas merupakan benda kantor yang sangat penting dan sudah ada untuk media menulis sejak dulu. Kertas yang pertama kali dibuat adalah di Cina dengan menggunakan bahan alami seperti kayu dan bambu.

Sedangkan untuk ukuran kertas Seri A terutama A4 sendiri baru ada sejak penggunaannya secara massif dipakai yaitu di Amerika maupun Australia. Rata-rata negara yang berbahasa utama Inggris menggunakan pengukuran kertas A4 Seri A.

Sebagai negara-negara yang peradabannya paling maju para pekerja di Selandia Baru, Inggris, dan beberapa negara lain menggunakan kertas A4 untuk semua dokumen. Selain itu, dimanfaatkan juga kertas F4 yang punya fungsi berbeda.

Supaya tidak memberikan pengukuran berbeda, maka ada standarisasi tersendiri yang ditentukan oleh ISO untuk ukuran kertas tersebut. Bukan hanya kertas A4 saja, tetapi semua kertas memiliki toleransi masing-masing ketika akan diukur.

Hal ini penting mengingat jika pengukurannya tidak sama maka dokumen hasil pencetakan juga berbeda dan menghasilkan potongan tidak rapi apabila dijilid.

3. Toleransi Pengukuran Kertas dengan Seri A, Khususnya A4

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kertas Seri A dimulai dari A0 lalu berjalan semakin kecil sampai dengan A10. Aturan pengukuran kertas berseri A adalah harus tepat ukurannya sesuai antara satu tempat dengan tempat lain.

Lalu, bagaimana jika ada kelebihan atau kekurangan dalam proses pengukuran? Maka ada batas toleransi yang dikaitkan dengan dimensi masing-masing jenis kertas.

Misalnya untuk dimensi maksimal 150 mm maka toleransinya adalah kurang lebih 1,5 mm atau sekitar 0,06 inchi. Lebih dari itu, dinyatakan tidak sesuai standar. Lalu, untuk kertas dengan dimensi antara 151 sampai dengan 600 mm maka menggunakan ambang toleransi 2 mm atau 0,08 inchi.

Selanjutnya, jika kertas punya dimensi lebih dari 600 mm maka batas toleransinya yaitu 3 mm atau 0,12 inchi. Sementara itu, kertas A4 adalah ukuran yang berada di tengah klasifikasi tersebut.

Jadi, jika ada kelebihan atau kekurangan dalam pengukuran maksimal adalah 2 mm. Lebih dari itu maka pada proses pencetakan dan penjilidan serta apabila dokumen dipindai akan mengalami kesulitan.

Apabila terpaksa menggunakan mesin pemindai untuk dokumen yang melebihi ukuran dari kertas A4 maka harus ada bagian terpotong. Atau jika dipaskan bagian tengahnya maka settingnya bisa kurang seimbang karena sulit diatur menjadi lurus.

4. Hubungan Ukuran Kertas A4 dengan Pencetakan Dokumen

Di kantor atau sekolah dan instansi apa saja, pencetakan dokumen paling sering adalah menggunakan kertas berukuran A4, kuarto dan F4. Untuk kertas A4 sendiri, pengaturannya sudah ada di komputer atau laptop.

Lalu, apabila melakukan pemindaian dan fotocopy maka rata-rata mesin scanner juga disesuaikan dengan ukuran kertas A4. Ukuran kertas A4 sangat penting untuk pencetakan serta pemindaian. Karena ada banyak merk printer yang dilengkapi scanner dan mengacu pada ukuran kertas tersebut.

Padahal, ada kertas F4 yang lebih besar. Tetapi karena kertas A4 sering digunakan untuk berbagai kelengkapan dokumen. Maka sistem mesin pindai akan dapat diakses oleh ukuran kertas ini maupun yang lebih kecil darinya.

5. Ukuran Kertas A4 yang Banyak Ditemukan di Perkantoran

Mengapa di kantor banyak ditemukan kertas berukuran A4? Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan ini. Yang pertama adalah ukuran kertas yang satu ini sangat umum dipakai siapa saja.

Kedua mesin cetak dan fotocopy juga lebih mudah dioperasikan dengan menggunakan kertas A4. Ketiga, ketika dijilid dan dirapikan kertas A4 tidak akan menjadi terlalu kecil maupun besar.

Saat ini, ukuran kertas A4 juga dimanfaatkan untuk berbagai fungsi mulai dalam dunia pendidikan sebagai dokumen skripsi, di dunia perkantoran untuk laporan serta portofolio, serta di berbagai urusan.

Bahkan ijazah juga dicetak dengan menggunakan ukuran kertas ini untuk memudahkan proses pemindaiannya karena rata-rata mesin scanner memakai patokan ukuran tersebut.

Category:
Literatur