Ukuran Kertas A5 dalam Percetakan Sesuai Standar ISO

Ukuran Kertas A5 – Dalam bisnis percetakan, tentu saja terdapat berbagai macam kebutuhan akan beragam ukuran kertas. Misalnya ukuran kertas F4. Terkait hal tersebut, terdapat beragam standar ukuran kertas internasional yang harus Anda ketahui terutama standar ISO dan standar lokal di Amerika Utara.

ISO 216 sendiri telah membakukan standar berdasarkan standar dari Jerman DIN 476 dengan rasio aspek tunggal akar 2. Dengan dasar ukuran kertas A0 yang memiliki luas detara satu meter persegi. Standar ini disesuaikan dengan penggunaan kertas pada cetakan umum dan perkantoran serta penerbitan.

Karena ukuran-ukuran tersebut dapat mempengaruhi beragam penggunaannya, seperti dalam usaha percetakan atau ketika Anda ingin membuat buku Anda sendiri.

Meskipun pada dasarnya, ukuran sebuah buku tergantung pada selera Anda sebagai pemilik naskah dan ketentuan dari penerbit yang akan menerbitkan naskah Anda. Namun, alangkah baiknya jika ukuran tersebut juga memenuhi standar dan kenyamanan pembaca.

A. Ukuran Kertas A5 dalam CM Sesuai Standar ISO

Berikut ukuran yang biasa digunakan percetakan dalam standar 1, sesuai dengan standar ISO berdasarkan standar Jerman DIN 476 standar Seri A.

  • Ukuran kertas 13 cm x 19 cm
  • Ukuran kertas 14 x 20 cm
  • Ukuran kertas A5 (14.8 x 21 cm)
  • Ukuran kertas 15 x 23 cm

Ukuran alternatif yang dapat Anda ambil ketika ingin memiliki buku dengan ukuran di atas 15 x 23 cm. Ukuran B5 dengan 17.6 x 25 cm biasanya digunakan untuk buku-buku khusus seperti portofolio.

  • Ukuran kertas 17.6 cm x 25 cm
  • Ukuran kertas 21 x 29.7 cm

Ukuran ini cukup unik karena dalam percetakan sering disebut bahwa ukurannya tanggung. Karena banyak kertas yang harus terpotong dan dibuang, untuk harga cetaknya sendiri masih sama dengan ukuran A4 (21 x 29.7 cm).

Ukuran ini biasa digunakan untuk mencetak buku-buku sekolah tingkat dasar atau buku-buku bergambar dan majalah.

Nah, sebenarnya dalam mencetak novel ukuran yang biasa digunakan adalah ukuran kertas A5. Karena ukuran itu telah dianggap lebih nyaman untuk pembaca membaca buku Anda. Ukuran buku yang baik adalah ukuran buku yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna, percetakan, dan efisien.

B. Standar Ukuran Kertas A5 Untuk Berbagai Keperluan Cetak

Ukuran seri A menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi apabila A1 merupakan setengah dari A0 maka begitu seterusnya. Ukuran yang paling banyak digunakan sendiri adalah ukuran A4. Selain itu, beberapa ukuran kertas yang biasa digunakan untuk membuat desain sebuah buku sebagai berikut.

1. Ukuran Kertas A4 (21 x 29.7 cm)

Buku dengan ukuran ini sebenarnya memiliki ukuran yang besar. Tetapi justru efisien karena ketika dicetak tidak akan membuang banyak kertas di mesin pemotongan.

Buku yang biasa digunakan dengan ukuran ini misalnya buku pelajaran TK sampai SMA. Ukuran kertas ini jika dikonversikan dalam inchi menjadi 8.27 cm kali 11.69 cm.

Dalam standar lokal Amerika yang pada tahun 1996 masih menggunakan standar ANSI, yang sebenarnya sedikit mirip dengan standar ISO. Seri ini memotong satu ukuran kertas dengan standar ukuran dari ISO menjadi 2 potong kertas berukuran berikutnya.

Dalam ANSI ukuran A4 ini bernama ANSI A dengan ukuran 216 milimeter kali 279 milimeter, atau dalam inchi menjadi 8.5 inchi kali 11 inchi.

2. Ukuran Kertas B5 (17.6 cm x 25 cm)

Buku dengan ukuran B5 (17.6 cm x 25 cm) ini cukup sedabng dan cukup efisien karena tidak membuang banyak kertas saat proses pencetakan. Biasanya digunakan untuk mencetak buku-buku umum.

Ukuran besarnya kira-kira di tengah antara 2 ukuran dari seri A. Biasanya juga digunakan untuk mencetak poster dan lukisan dinding. Ukuran ini apabila dikonversikan dalam inchi menjadi 6.93 cm kali 9.84 cm.

3. Ukuran Kertas A5 (14.8 cm x 21 cm)

Buku dengan ukuran kertas A5 ini ukurannya kecil. Tetapi sangat efisien karena tidak membuang banyak kertas. Biasa digunakan untuk mencetak buku-buku umum atau novel juga. Ketiga ukuran buku di atas merupakan ukuran buku yang ideal dan baik digunakan karena efisien.

Tidak hanya itu, ukuran buku tersebut juga telah memenuhi standar ISO yang artinya tidak perlu diragukan lagi untuk mencetak ukuran dengan menggunakan ukuran tersebut.

Biasanya setiap ada kurikulum baru, pemerintah akan mengadakan penilaian buku-buku pelajaran yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan BNSP.

Kemudian dari penilaian tersebut dapat diperoleh berbagai instrumen kegrafikan yang biasanya dibuat oleh badan penilai buku yaitu Puskurbuk. Agar buku dapat dibaca dengan nyaman.

Seperti pula yang terjadi pada novel, bahwa ukuran kertas A5 (14.8 cm x 21 cm) dan ukuran kertas B5 (18.2 cm x 25.7 cm) adalah buku yang mudah dipegang dan masuk dalam tas.

Dengan beragam ukuran serta standar yang menetapkannya. Ukuran kertas A5 sendiri merupakan standar ISO yang juga sering digunakan dalam bisnis percetakan di Indonesia.

Category:
Literatur