Ukuran Kertas F4 dalam MM, CM dan Inci di Word dan Excel

Ukuran Kertas F4 – Kertas merupakan media yang cukup umum digunakan untuk menjadi bahan kerajinan tangan. Nah, dari sekian banyak jenis kertas yang ada. Anda dapat memilih berbagai jenis itu untuk digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari.

Kertas tersebut juga punya beragam ukuran, mulai dari ukuran kertas F4, A4 dan lain sebagainya dengan jenis yang berbeda-beda. Tentu Anda dapat menggunakan ukuran kertas itu sesuai dengan fungsinya. Agar Anda dapat menghemat pembuangan kertas jika terjadi kesalahan dalam pemilihan untuk penggunaannya.

1. Ukuran Kertas F4 dalam MM, CM, dan Inci

Ukuran kertas F4 sendiri jarang sekali didengar oleh orang awam. Hal ini karena masyarakat sepertinya lebih sering menyebutnya dengan kertas folio. Ukuran kertas F4 sendiri ini memiliki panjang 33 cm kali  21,5 cm baik di Ms Word atau Excel.

Jika ukuran tersebut dikonversi dalam inci maka menjadi 13 inchi kali 8.5 inchi. Apabila dikonversikan kembali dalam milimeter, akan menjadi 330 mm kali 215 mm. Ukuran tersebut merupakan standar kebakuan dari formalisasi yang dilakukan oleh ISO dan standar lokal di Amerika Utara.

Di Indonesia sendiri banyak perusahaan penyedia kertas ini. Namun meskipun ukuran kerta F4 adalah ukuran yang sering digunakan dalam percetakan dan kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya adalah, di aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Office Word, tidaklah tersedia ukuran cetak kertas F4.

Jadi, Anda dapat menggantinya dengan melakukan beberapa pengaturan pada ukuran margin atau batas-batas kertas atau dengan melakukan pengaturan pada properti pada printer yang Anda gunakan.

2. Ukuran Kertas F4 Muncul Karena Permintaan Pasar

Di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko sendiri menggunakan ukuran standar. Seperti legal, dari kertas yang dipakai secara umum tanpa mengetahui sejarahnya, karena tidak tercatat.

Sedangkan di Indonesia sendiri, permintaan akan berbagai bisnis yang beragam akhirnya membuat kebutuhan ukuran kertas menjadi beragam pula. Dengan hal itu akhirnya seri kertas lain di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara muncul ukuran kertas F4 dengan ukuran 330 milimeter kali 215 milimeter.

Hal ini berdasarkan dari pengukuran pada standar ISO dan standar lokal di Amerika Utara. Ukuran F dan R sendiri akhirnya muncul karena permintaan pasar.

3. Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 pada Printer

Meskipun pada saat print, apabila Anda menggunakan ukuran F4 biasanya dokumen akan terpotong dan membuat beberapa kalimat atau paragraf menjadi hilang. Karena ukuran kerta F4 tidak terdapat secara otomatis pada penyetingan dalam program pengolah kata dan printer.

Hal itu membuat Anda harus melakukan penyetingan secara manual pada saat Anda hendak melakukan pencetakan dokumen. Samakan ukuran cetak pada properti printer dan ukuran cetak pada program pengolah dokumen Anda.

Setelah melakukan penyetingan manual pada dua perangkat Anda, ukuran F4 akan dengan mudah Anda temukan ketika memulai dokumen baru kembali. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menambahkan ukuran kertas F4, dengan paper width 215 milimeter dan paper height 330 milimeter.

Ganti penyetingan tersebut dengan menambahkan nama pada ukuran kertas yang baru itu, dengan nama F4. Jadi ketika Anda hendak menggunakan ukuran F4 pada pencetakan dokumen selanjutnya, Anda tidak perlu melakukan penyetingan kembali.

4. Ukuran Kertas F4 Adalah Ukuran yang Hampir Serupa dengan Standar Arsitektur

Dalam sistem penentuan ukuran kertas berdasarkan standar arsitektural series. Kertas F4 memiliki ukuran yang hampir serupa dengan Arch A yang memiliki ukuran 9 inchi kali 12 inchi. Seri arsitektur ini sediri membagi satu ukuran kertas dapat menghasilkan 2 potong kertas dengan ukuran lebih kecil.

Ukuran ini sendiri lebih disukai oleh para arsitektur Amerika pada masa itu karena memiliki rasio 3 banding 2 atau rasio 3 banding 4, tidak seperti ukuran standar yang telah ditetapkan oleh ISO ataupun ANSI yang memiliki rasio bilangan ganjil. Selain itu, rasio ini juga sesuai dengan rasio yang ada pada layar komputer.

5. Ukuran Kertas F4 Adalah Ukuran yang Paling Sering Digunakan

Dari sekian banyak jenis kertas sesuai dengan masing-masing serinya. Jenis kertas F4 inilah yang paling sering dipakai untuk berbagai keperluan seperti mencetak poster, atau penggunaan dalam mesin fotokopi.

Selain ukuran F4 yang juga sering digunakan adalah A4. Selain itu, kertas F4 ini juga biasa digunakan untuk membuat berbagai dokumen kepolisian seperti surat keterangan kelakuan baik atau biasa disebut SKCK dari kepolisian.

Ukuran kertas F4 ini memiliki ukuran yang pas untuk digunakan dalam pencetakan berbagai dokumen. Hal itu merupakan beberapa hal mengenai fungsi, ukuran, serta cara penggunaan dari ukuran kertas F4 yang sering digunakan.

Namun tidak dapat muncul secara otomatis di perangkat keras. Apabila ingin mencetak maka pilih kertas legal dan ubah panjangnya menjadi 33 cm saja.

Category:
Literatur