Memilih Warna Cat Rumah Minimalis yang Tepat

RUMAH MINIMALIS – Tidak ada perasaan yang lebih baik selain suasana bersih dan terbuka. Maka pada kesempatan kali ini, marilah membahas tentang konsep rumah minimalis. Suasana minimalis di rumah Anda lebih dari sekedar furnitur yang modern, semuanya berawal dari rangka rumah Anda. Gunakan panduan ini untuk memilih finishing dan warna cat rumah minimalis yang cocok untuk berbagai gaya minimalis.

Kalau Anda menginginkan gaya yang lebih tradisional, feminin, atau industrial, berbagai fitur rumah minimalis ini bisa menjadi dasar membangun rumah minimalis impian Anda.

Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

Menentukan akan menggunakan cat rumah warna apa sangat penting untuk dipikirkan, karena pilihan warna cat yang salah akan merugikan penghuninya dan penampilan rumah itu sendiri. Contohnya, rumah akan terasa sempit dan sesak karena menurut penelitian, warna dapat mempengaruhi emosi Anda.

  1. Pilih warna cerah

warna cat rumah cerah
rumahterupdate.com

Desain rumah minimalis umumnya menggunakan warna-warna yang minimalis juga. Pilihan warna yang cerah dan menarik biasanya dipilih oleh pemilik rumah, tujuannya agar rumah mungil itu bisa menjadi suatu objek yang menarik. Selain itu, warna yang unik juga bisa memberi identitas. Pilihan warna juga dipercaya menjadi cerminan kepribadian para pemiliknya.

  1. Gunakan warna gelap seperlunya

warna cat rumah minimalis

Warna gelap cenderung dihindari oleh para pemilik rumah minimalis. Ini dapat dimengerti, karena warna gelap akan membuat rumah terlihat aneh dan membosankan. Warna gelap sering digunakan sebagai kombinasi dalam warna cat rumah minimalis yang cerah seperti putih, hijau muda, coklat muda, oranye, dan lain-lain.

Kombinasi antara warna gelap dan terang yang paling umum ditemukan adalah hitam dan putih. Putih sebagai warna utama dari rumah mencerminkan sifat minimalisnya dan hitam menambah kekuatan dalam desain rumah. Selain hitam dan putih, biasanya ditambahkan warna lain untuk mempercantik tampilan rumah minimalis.

Misalnya, dalam sebuah rumah yang bertema hitam dan putih, Anda dapat membuat ruang tamu dengan tambahan warna merah. Ini akan menjadikan skema warna rumah Anda terlihat modern dan keren. Lengkapi juga dengan perabotan berwarna senada untuk menambah keindahannya.

Warna Cat Rumah Minimalis Eksterior

warna cat rumah eksterior
desainrumahterbaru.me

Selain memperhatikan paduan warna di dalam rumah, tentunya Anda harus melengkapi rumah dengan warna cat eksterior yang juga senada dengan interior Anda. Memilih warna cat rumah cat eksterior cukup menantang. Jika Anda memilih warna yang salah, rumah Anda akan terlihat datar dan membosankan. Sebaliknya, jika pilihan warna Anda terlalu berani, rumah Anda tidak akan terlihat minimalis lagi.

  1. Gunakan warna netral

Warna-warna netral memang bisa memberi kesan hangat dan minimalis. Namun perlu Anda ingat bahwa ada banyak lagi warna netral selain putih dan coklat muda. Contoh warna netral lainnya adalah warna almond, cokelat, dan oranye.

  1. Pilih detail berwarna kontras

Salah satu trik mengecat eksterior rumah dengan minimalis adalah menggunakan satu warna, namun mungkin ini terlalu membosankan untuk sebagian orang. Untuk menyiasati ini, Anda bisa memasang pintu dengan warna yang kontras dengan tembok sehingga kelihatan lebih menarik.

  1. Jangan terlalu banyak warna

Sebaiknya gunakan dua sampai tiga warna untuk mengecat eksterior rumah Anda sehingga tetap kelihatan minimalis, namun tidak membosankan. Juga gunakan pintu, jendela,dan hiasan lain yang berwarna kontras sehingga rumah Anda tampak menarik dan memilki detail.

  1. Jangan takut bereksperimen

Jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan berbagai warna. Ada banyak kombinasi warna cat rumah minimalis yang bisa Anda coba untuk mempercantik rumah minimalis Anda. Kuncinya adalah memilih warna dan material yang cocok dengan selera dan kepribadian Anda sehingga rumah akan tampak menarik setiap saat sampai kapan pun.

Inspirasi Rumah Minimalis

desain rumah minimalis
dekoruma.com

Selanjutnya, mari lihat beberapa inspirasi rumah. Di sini ada berbagai contoh rumah dan bangunan minimalis, jadi Anda bisa merasakan semua gaya rumah minimalis. Rumah minimalis bukan berarti sebuah ruang modern yang terkesan dingin, tetapi dengan material dan warna yang tepat kita bisa menciptakan suatu ruang yang hangat dan menyambut hangat kedatangan setiap orang.

Dari contoh yang ada, bisa dilihat bahwa inspirasi rumah minimalis mempunyai lebih dari sekedar perabotan modern. Itulah mengapa artikel ini berfokus pada material dan warna cat yang mencerminkan rumah minimalis.

Warna adalah kunci utama dari sebuah rumah minimalis. Warna putih bukanlah satu-satunya pilihan. Bahkan jika Anda harus memilih warna putih, ada berbagai jenis warna putih yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan warna rumah Anda secara keseluruhan. Untuk itu, lihatlah kumpulan warna netral untuk mengatasi kebingungan Anda.

Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis

Untuk membantu Anda lebih lanjut, ada beberapa kombinasi material dan palet warna. Dalam setiap palet warna, Anda akan menemukan dua material: satu merupakan pilihan material kayu dan aksennya berupa beton atau marmer. Mengapa harus menggunakan kombinasi dua material? Karena dengan begitu, desain rumah akan terlihat seimbang.

  1. Menampilkan kesan cool

Yang pertama adalah kombinasi kayu warna terang dan beton dengan warna putih, abu-abu muda, dan biru tua. Kombinasi ini bisa Anda gunakan jika ingin warna cat rumah minimalis yang terkesan cool. Mungkin ini kurang cocok bagi Anda yang menginginkan warna yang lebih cerah dan ceria.

  1. Kesan natural

Yang kedua adalah kombinasi kayu warna gelap dan marmer dengan cat warna putih agak kekuningan dan 2 macam abu-abu kehijauan, yang lebih terang dan lebih gelap. Kombinasi ini akan memberikan Anda rumah minimalis yang terlihat lebih natural.

  1. Kesan cerah

Ketiga, ada kombinasi antara kayu berwarna coklat sedang, marmer abu-abu muda, dengan cat berwarna putih, biru laut, dan abu-abu tua. Kombinasi antara material dan warna ini akan memberikan rumah dengan kesan lebih terang daripada dua kombinasi di atas.

Kunci untuk mendapatkan keseimbangan antara material yang “hangat” dan “dingin” adalah memilih warna cat yang tepat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: